Rabu, 14 Mei 2014

Tips Agar Android Lebih Cepat

Semakin hari umur suatu perangkat android pasti semakin tua. Hal ini juga berdampak pada performa berupa kecepatan hh tersebut. Pada awal pemakaian mungkin android terasa begitu cepat, bisa melakukan multi tasking dengan mudah. akan tetapi semakin hari semakin terasa lambatnya.

Berikut tips agar perangkat android terasa lebih cepat :
  1. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan atau tidak perlu
  2. Perangkat android memiliki kapasitas memory yang sangat terbatas. Hal ini sangat berpengaruh apabila terlalu banyak aplikasi yang terinstall, entah itu aplikasi jejaring sosial seperti twitter, facobook, line, kakao talk, path, instagram maupun aplikasi game lain yang membutuhkan space memory cukup besar. Belum lagi ditambah dengan music, foto dan video yang tersimpan di memory. Untuk itu sangat direkomendasikan untuk menghapus file-file yang tidak terlalu penting dan uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak atau jarang digunakan.
  3. Membersihkan cache aplikasi.
  4. Cache aplikasi yang terlalu banyak dapat memberatkan kinerja processor android, hal ini tentunya sangat berpengaruh akan kecepatan perangkat android secara keseluruhan. yang di maksud dengan cache adalah history data yang tersimpan di perangkat dengan tujuan agar saat membuka suatu halaman web atau browser, dapat secara langsung ditampilkan tanpa perlu membuat data yang baru. Semakin banyak cache di perangkat android maka kinerja android juga berpengaruh pada kecepatannya. Maka sangat disarankan untuk selalu rajin membersihkan cache perangkat android.
  5. Mengoptimalkan Home Screen
    Penggunaan tema home screen dan juga widget-widget yang banyak pada perangkat android juga merupakan salah satu penyebab perangkat android menjadi lambat. Cukup menggunakan tema home screen yang ringan dan dinamis (atau tema bawaan dari vendor) dan menghapus widget-widget yang tidak penting dan bermanfaat.
Mungkin itu sedikit tips agar android lebih cepat. jika ada yang ingin menambahkan atau bertanya silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.